Pembagian buku rapot dan keterangan kenaikan kelas adalah bagian penting dari proses pendidikan di sekolah. Berikut ini adalah beberapa hal yang biasanya terlibat dalam proses tersebut:
1. **Persiapan Rapot**:
- **Pengumpulan Nilai**: Guru mengumpulkan dan menghitung semua nilai siswa dari berbagai mata pelajaran selama satu semester atau satu tahun ajaran.
- **Rekapitulasi Nilai**: Semua nilai tersebut kemudian direkapitulasi dan dimasukkan ke dalam buku rapot.
- **Komentar dan Saran**: Guru sering kali menambahkan komentar atau saran yang bersifat konstruktif untuk setiap siswa berdasarkan performa mereka.
2. **Rapat Kenaikan Kelas**:
- **Evaluasi Siswa**: Pihak sekolah, biasanya terdiri dari guru-guru dan kepala sekolah, mengadakan rapat untuk mengevaluasi kinerja akademik dan non-akademik setiap siswa.
- **Keputusan Kenaikan Kelas**: Berdasarkan evaluasi tersebut, sekolah memutuskan apakah siswa tersebut dapat naik kelas atau tidak. Faktor-faktor yang dipertimbangkan meliputi nilai akademik, kehadiran, dan perilaku siswa.
3. **Pembagian Buku Rapot**:
- **Pengaturan Jadwal**: Sekolah biasanya mengatur jadwal khusus untuk pembagian buku rapot kepada orang tua atau wali siswa.
- **Penyerahan Rapot**: Pada hari yang ditentukan, buku rapot diserahkan kepada orang tua atau wali siswa. Orang tua juga bisa mendapatkan informasi langsung dari guru mengenai perkembangan anak mereka.
- **Diskusi dan Konsultasi**: Orang tua dapat menggunakan kesempatan ini untuk berdiskusi dengan guru mengenai kinerja anak mereka dan rencana pembelajaran ke depan.
4. **Keterangan Kenaikan Kelas**:
- **Informasi di Rapot**: Buku rapot biasanya mencantumkan keterangan apakah siswa naik kelas atau tidak. Jika siswa tidak naik kelas, akan diberikan alasan dan saran untuk perbaikan.
- **Surat Resmi**: Beberapa sekolah juga mengeluarkan surat resmi yang menginformasikan tentang kenaikan kelas atau tinggal kelas, disertai dengan penjelasan rinci.
Proses ini penting untuk memastikan bahwa siswa, orang tua, dan guru memiliki pemahaman yang jelas tentang kinerja akademik siswa dan langkah-langkah yang perlu diambil untuk perbaikan atau pengembangan lebih lanjut.